Awas!!! Terdapat Hasil Proyek Jembatan Box Culvert Dana APBD Muara Enim 2023 Ambrol Lagi

Muara Enim//Linksumsel-Kembali terjadi untuk yang kesekian kalinya ambrolnya sebuah jembatan penghubung atau box culvert struktur beton bertulang yang seharusnya berfungsi multi tersebut terjadi lagi dikawasan yang sama yaitu dijalan pipa RT 08 RW 1 Kelurahan Gelumbang Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Kondisi fisik jembatan penghubung /box culvert yang mengalami ambrol lagi itu, bahwa menurut warga kelurahan Gelumbang sudah terjadi yang ketiga kalinya dan jembatan penghubung ini hasil proyek dana APBD Muara Enim Tahun 2023.

“Ya mang, kalau nggak salah ketiga kalinya ini ambrol box culvert hasil proyek dana APBD Muara Enim Tahun 2023 ini, Jembatan ini salah satunya akses alternatif warga serta akses berfungsi mengatasi aliran air agar tidak terjadi banjir pada sistem drainase, namun menyedihkan sudah 3 kali ini fisik jembatan ambrol lagi,”ungkap warga Gelumbang Robert Bin Arbain (40).

Dikatakannya, bahwa kegiatan Proyek oleh pelaksana saat itu dinilai lemahnya pengawasan dari pihak terkait, bahkan kawasan jembatan penghubung tersebut tidak Tanggung -tanggung terdapat juga beberapa pelaksana proyek lainnya melaksanakan tender proyek yang alhasil kualitasnya sangat menyedihkan, padahal anggaran proyek saat itu nilai kontraknya hampir milyaran rupiah.
”Kalau untuk pelaksananya saya lupa mang, tapi yang saya ingat, itu dana APBD Muara Enim tahun 2023, dan umur fisik struktur beton jembatan ini baru seumur jagung sudah ambrol lagi dan untuk yang ketiga kali ini,”ujar Robert.

Lain halnya warga Gelumbang Raya yang menanggapi hasil proyek dana APBD Muara Enim khususnya di Box Culvert jembatan penghubung kawasan jalan Pipa RT 8 RW 1 Kelurahan Gelumbang tersebut, mengungkapkan, bahwa fungsi box Culvert atau jembatan penghubung tidak hanya berfungsi sebagai sebuah bangunan kontruksi yang dapat berperan dalam melancarkan air agar tidak terjadi banjir, namun box culvert berfungsi juga sebagai kontruksi jembatan karena lebih efesien dan ekonomis dalam mengatasi aliran air pada proyek kontruksi seperti drainase, irigasi, atau pembuangan limbah, serta fungsi box culvert dapat dibuat menjadi jembatan atau penyeberangan yang dapat dilewati oleh kendaraan atau pejalan kaki, dan struktur ini juga bisa digunakan untuk memisahkan aliran air dari lalulintas kendaraan sehingga air tidak mengganggu jalan dan struktur ini dapat dijadikan sebagai tembok penahan tanah dalam proyek untuk bangunan lainnya.

Baca juga:  Buron 7 Bulan, Pelarian AA Terhenti di Tangan Team Srigala Polsek Penukal Abab

“Jika ambrol terus seperti ini, ya, tentunya tidak akan menjamin berfungsinya sebuah box culvert sebagai sarana penunjang, apalagi berfungsi sebagai sarana warga melalui kendaraan bakal membahayakan, kini sudah masuk musim hujan, dan bisa saja kawasan maupun rumah warga RT 8 RW 1 Gelumbang dilanda banjir dan bisa saja juga box culvert yang ambrol fisiknya ini diterjang air ,”terang warga Gelumbang Raya tersebut. (31/12).

Melalui pantauan media ini Pada Minggu (31/12/2023) dilokasi hasil proyek jembatan penghubung atau box culvert tersebut, kondisi ambrolnya fisik badan jembatan penghubung atau box culvert tersebut, sepertinya sudah sangat memprihatikan, karena disaat salah satu terdapat warga yang melintas menggunakan sepeda motornya tampak ektra hati-hati melintasinya karena bisa saja terjebak dalam lubang disebuah ambrolnya jembatan penghubung hasil proyek dana APBD Muara Enim Tahun 2023 itu. (jf*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *