TPA Gelumbang Tidak Berfungsi, Warga Sukamenang Kembali Bersihkan Tumpukan Sampah Liar

Muara Enim//Linksumsel-Tidak berfungsinya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, diwilayah Kecamatan Gelumbang, membuat Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Warga Sukamenang Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, untuk kesekian kalinya berjibaku membersihkan sampah -sampah liar disepanjang jalan kawasan Desa Sukamenang tersebut.

Sampah-sampah liar dari berbagai jenis yang menumpuk serta berserakan dikawasan jalan raya wilayah Sukamenang tersebut, diduga kuat dibuang dengan sengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi, tidak berfungsinya TPA sampah diwilayah Kecamatan Gelumbang tersebut, tentunya lokasi kawasan ini, pada setiap waktunya dipenuhi sampah.

Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukamenang dan warganya kerap melakukan gotong royong membersihkan sampah, bahkan himbauan larangan membuang sampah tetap dilanggar dikawasan tersebut.

Sementara Kepala Desa (Kades) Sukamenang Ahmad Redi, yang turun bersama warganya bergotong royong membersihkan sampah tersebut, mengungkapkan, rasa prihatin atas kesadaran masyarakat yang telah hilang dan masih saja membuang sampah sembarangan, dan gotong royong membersihkan sampah seperti ini, tentunya sering kita lakukan, serta ditambah lagi kesulitan kita, kemanakah sampah -sampah ini harus dibuang, karena tempat pembuangan akhir sampah tidak berfungsi, dan dengan terpaksa sedikit demi sedikit sampah tersebut, kita bakar.

“Segera kita bertindak tegas melalui larangan dengan masangan banner, isi larangan tersebut, jika terbukti membuang sampah yang nantinya warga dapat mengabadikan melalui Vidio maupun foto terhadap pelaku, maka kita berikan hadiah ,”ungkap Kades Ahmad Redi, sambil menunggu lokasi TPA difungsikan, serta akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisan (09/09/2024).

Dikatakan Kades, bahwa kembali kita mengajak kesadaran masyarakat kembali tumbuh, untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, dan berharap juga,agar kiranya lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah diwilayah Kecamatan Gelumbang dapat digunakan atau difungsikan,”harap Kades Sukamenang Ahmad Redi.(09/09).

Baca juga:  Cegah Kecelakaan di Kawasan Jalan Amblas Panang Jaya Muara Enim Polisi Atur Lalin

Turut hadir dalam ikut berjibaku bergotong royong membersihkan tumpukan sampah disepanjang jalan kawasan desa Sukamenang tersebut, ketua BPD dan anggota, Babinsa, karang taruna desa Sukamenang, para perangkat desa, serta unsur warga lainnya, Senin (09/09/2024).

Sementara berdasarkan informasi yang dihimpun atas adanya problem sampah yang diduga sumber sampah yang dibuang disembarang tempat tersebut, diduga kuat sampah dibuang oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut, dari aktivitas masyarakat di pasar pagi Gelumbang, serta terdapat juga dari kalangan pemilik kendaraan pengguna jalan raya, maupun sampah -sampah dari kalangan rumah tangga. (j.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *