Kotak Suara Pilkada Muara Enim Tiba & Dijaga Ketat Aparat

Muara Enim//Linksumsel-Personil Polres Muara Enim Polda Sumsel melaksanakan monitoring ketat terhadap proses penerimaan logistik Pilkada Serentak 2024, berupa kotak suara, di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kanit Sosial dan Politik (SosPol) Sat Intelkam Polres Muara Enim, Ipda Sutrisnak, SH, bersama anggota Sat Intelkam. Langkah ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran seluruh tahapan distribusi logistik Pilkada di Kabupaten Muara Enim, Sabtu (14/9/24).

Logistik kotak suara ini merupakan bagian penting dari pelaksanaan Pilkada yang akan memilih Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati di wilayah Muara Enim, Penerimaan ini menandai langkah penting menuju penyelenggaraan Pilkada serentak yang dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun 2024.

Pengiriman kotak suara dilakukan oleh PT. Asada Mitra Packindo, perusahaan yang beralamat di Jl. Raya Serang KM. 27 Desa Sentul Jaya, Balaraja, Tangerang, Banten. Logistik diangkut menggunakan truk Mitsubishi Fuso FM 517 H berjenis bak besi dengan nomor polisi BE 8827 PS. Setibanya di gudang logistik KPU Muara Enim, personel Polres Muara Enim segera melakukan pengecekan dan pendataan untuk memastikan kesesuaian jumlah dan kondisi kotak suara yang diterima.

Total kotak suara yang diterima oleh KPU Kabupaten Muara Enim sebanyak 1.952 Buah (1 pack berisi 5 buah). Dari jumlah tersebut, 1.880 kotak suara dinyatakan dalam kondisi baik, sementara 72 lembar ditemukan mengalami kerusakan karena basah. Kotak suara yang rusak akan segera dilaporkan dan ditindaklanjuti untuk penggantian guna memastikan kesiapan logistik pada hari pemungutan suara.

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi, melalui Kasi Humas Polres Muara Enim, AKP RTM Situmorang, menegaskan bahwa seluruh tahapan distribusi dan penyimpanan logistik Pilkada diawasi secara ketat oleh jajaran Polres Muara Enim.

Baca juga:  Polsek Penukal Utara Hadiri Kegiatan Khitanan Massal

Hal ini dilakukan demi menjaga integritas dan kelancaran proses pemilu serta memberikan rasa aman bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam menyambut pesta demokrasi.

“Kami akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap logistik Pilkada di wilayah Muara Enim, termasuk kotak suara, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar AKP RTM Situmorang.

Ia juga menambahkan bahwa seluruh personel yang bertugas telah diberikan arahan untuk tetap waspada dan sigap dalam mengamankan logistik Pilkada hingga hari pencoblosan.

Seluruh kotak suara yang telah diterima kini disimpan dengan aman di dalam gudang logistik KPU Kabupaten Muara Enim, yang juga mendapatkan pengawasan ketat dari pihak keamanan.

Selain itu, personel Polres Muara Enim juga terus berkoordinasi dengan KPU dan pihak terkait guna memastikan kesiapan logistik lainnya yang dibutuhkan untuk Pilkada Serentak 2024.

Tahapan persiapan Pilkada terus berlanjut, dan Polres Muara Enim berkomitmen untuk menjaga kondusivitas di wilayah hukum Muara Enim.

Pihak kepolisian juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban, serta mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada yang jujur, adil, dan demokratis. (J.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *