Hindari Konflik & Jaga Kamtibmas, Polres Muara Enim Pasang Spanduk Himbauan Pilkada Serentak 2024

Muara Enim//Linksumsel-Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat Pilkada Serentak 2024, Satgas Humas Polres Muara Enim Polda Sumsel melaksanakan pemasangan spanduk himbauan kamtibmas. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu (28/9/2024) di berbagai lokasi strategis di wilayah hukum Polres Muara Enim, untuk memberikan pesan penting kepada masyarakat terkait pemilu yang aman, damai, dan kondusif.

Pemasangan spanduk ini dilakukan di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat, seperti persimpangan jalan, area perkantoran, dan pusat-pusat keramaian lainnya. Selain itu, seluruh Polsek jajaran Polres Muara Enim juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini dengan memasang spanduk serupa di wilayah masing-masing. Langkah ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pesan kamtibmas, agar lebih banyak warga yang dapat teredukasi menjelang pemilihan kepala daerah.

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi, melalui Kasi Humas Polres Muara Enim, AKP RTM Situmorang selaku Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Musi 2024, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif kepolisian dalam mengawal seluruh tahapan Pilkada serentak di wilayah Kabupaten Muara Enim. “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat tetap merasa aman dan nyaman saat pelaksanaan Pilkada. Salah satu cara efektif adalah dengan memberikan edukasi melalui media informasi yang mudah diakses, seperti spanduk,” ujarnya.

Dalam spanduk tersebut, terdapat berbagai pesan himbauan terkait pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan, menghindari konflik, serta tidak mudah terprovokasi oleh informasi hoaks yang kerap beredar saat pemilu. Masyarakat juga diimbau untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kamtibmas dengan melaporkan segala bentuk gangguan keamanan kepada pihak berwenang.

AKP RTM Situmorang menambahkan, bahwa Operasi Mantap Praja Musi 2024 telah berjalan sesuai dengan rencana, dengan fokus utama pada pengamanan seluruh tahapan Pilkada. “Kami sudah menyiapkan personel dan sarana pendukung, termasuk pengawasan terhadap potensi kerawanan. Pemasangan spanduk ini merupakan bagian dari sosialisasi agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Baca juga:  Polsek Talang Ubi Melakukan Pengamanan Kampenye Pilkada PALI NO Urut 3

Selain pemasangan spanduk, Polres Muara Enim juga terus menggalakkan patroli dialogis serta sosialisasi langsung kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan seperti forum diskusi, tatap muka dengan tokoh masyarakat, dan kegiatan keagamaan. Langkah ini diharapkan dapat menambah kepercayaan publik terhadap Polri dalam menjaga keamanan selama proses Pilkada.

Dengan adanya langkah preventif ini, Polres Muara Enim berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan damai tanpa adanya gangguan yang berarti. Masyarakat Kabupaten Muara Enim diimbau untuk tetap menjaga suasana kondusif dan ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan serta ketertiban selama Pilkada berlangsung. (j.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *