BNPB RI Cek Lokasi Karhutlah di Desa Putak Gelumbang

Muara Enim//Linksumsel-Pj. Bupati Muara Enim, H. Henky Putrawan, S.Pt., M.Si., M.M., mendampingi Kunjungan Kerja Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB) RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., ke area Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Muara Enim, tepatnya di Desa Putak Kecamatan Gelumbang, Selasa (01/10).

Adapun dalam kesempatan yang turut dihadiri Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, S.H., M.S.E., dan Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M., Pj. Bupati siap ikuti arahan Kepala BNPB RI untuk tetap waspada dan melakukan langkah antisipasi cepat sehingga karhutla di Kabupaten Muara Enim terkendali.

Didampingi Kepala BNPB Kabupaten Muara Enim, Drs. Abdurrozieq Putra, S.T., M.T., Pj. Bupati menyampaikan situasi Karhutla di Kabupaten Muara Enim hingga September 2024 dengan luas lahan terbakar seluas 143 hektare lahan mineral dan 37, 03 hektare lahan gambut, total 180,3 hektare. Pj Bupati akan terus mengintensifkan penanganan Karhutla dititik rawan maupun dititik api sehingga dapat diatasi dengan cepat.

Pada kesempatan itu, Pj.Bupati mengapresiasi bantuan yang terus diberikan oleh BNPB RI dan Pemprov. Sumsel sehingga dirinya optimis kedepan zero Karhutla di Kabupaten Muara Enim dapat diwujudkan.

Lebih lanjut Pj. Bupati menghimbau masyarakat maupun perusahaan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar guna menghindari Karhutla yang hampir setiap tahun terjadi dan memastikan akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku kepada pelaku sengaja membakar lahan.

Ditambahkan Dandim 0404/Muara Enim, Letkol. Arm. Tri Budi Wijaya, S.H., selaku Komandan Subsatgas Operasi Darat Karhutla Kabupaten Muara Enim siap melaksanakan arahan Kepala BNPB RI serta berupaya meningkatkan pengawasan dan penanganan secara terpadu agar bencana Karhutla di Kabupaten Muara Enim dapat terkendali. (j.red)

Baca juga:  Masuk Masa Pilkada, Ketua FPGRB: Anggota Forum Diminta Bersikap Netral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *