Polres Muara Enim Gelar Latihan Pra Operasi Zebra Musi 2024: Siap Ciptakan Lalu Lintas Aman dan Tertib

Muara Enim//Linksumsel Dalam rangka-mempersiapkan pelaksanaan Operasi Zebra Musi 2024, Polres Muara Enim mengadakan Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) di ruang Rupatama Mapolres Muara Enim.

Kegiatan ini berlangsung pada Senin (14/10/2024) dan dipimpin langsung oleh Waka Polres Muara Enim, Kompol Roy Arpian Tambunan, SP, SIK, mewakili Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasubag Bin Ops Kompol Fatullah dan Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Trifonia Situmorang, SIK, MSi. Latihan ini diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Musi 2024, yang akan berlangsung selama 14 hari, mulai 14 hingga 27 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Kompol Roy Arpian Tambunan menyampaikan bahwa tujuan utama dari Lat Pra Ops ini adalah untuk memastikan kesiapan personel dalam menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan keseragaman cara bertindak personel dalam melaksanakan operasi, sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, serta meningkatkan kepatuhan masyarakat,” jelasnya.

Kompol Roy juga menegaskan bahwa operasi ini sangat penting dalam rangka mendukung kelancaran lalu lintas selama tahapan Pilkada serentak 2024 di wilayah hukum Polres Muara Enim.

“Melalui Operasi Zebra Musi 2024, kami berupaya menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif, serta mendukung pelaksanaan Pilkada damai yang berlangsung tahun ini,” tambahnya.

Lat Pra Ops ini juga memiliki tema strategis, yaitu “Melalui Lat Pra Ops Zebra Musi 2024 Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman”. Tema ini mencerminkan komitmen Polres Muara Enim dalam mewujudkan keamanan berlalu lintas.

Baca juga:  Polsek Penukal Abab Temukan Karhutla di Desa Air Itam

Dalam sesi latihan, Waka Polres menekankan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai pelaksanaan Operasi Zebra, yang bertujuan mendidik masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas.

Personel yang terlibat diminta untuk bersikap humanis, menjaga kendali diri, dan menjalankan tugas sesuai aturan tanpa melakukan pelanggaran sekecil apa pun. “Keselamatan adalah prioritas utama. Kami berharap anggota memahami dengan baik tugas dan fungsinya serta melaporkan dengan tepat sesuai satgas dan operator masing-masing,” tegas Kompol Roy.

Dengan Latihan Pra Operasi ini, Polres Muara Enim berharap dapat menciptakan lalu lintas yang lebih tertib, aman, dan nyaman, sekaligus menjaga stabilitas selama momen-momen penting nasional seperti Pilkada dan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.(j.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *