KONGRES PERDANA DI MEDAN, NR ICANG RAHARDIAN KEMBALI NAHKODAI IWO INDONESIA

Medan-Sumatera Utara//Linksumsel-Momen akbar Kongres Perdana Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) yang di gelar di Hotel Saka Kota Medan Sumatra Utara. berjalan lancar dan sukses.. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Umum IWO Indonesia periode 2018 – 2023 NR.Icang Rahardian.SH, Rabu (08/02/2023) Pukul 21.00 Wib

Kongres tersebut dihadiri oleh Dewan Pembina dan jajaran tinggi IWO Indonesia serta Rombongan Dewan Perwakilan Wilayah ( DPW ) IWO Indonesia berbagai Provinsi dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) IWO Indonesia berbagai Kabupaten dan kota seluruh Indonesia

Acara Kongres dan HUT IWO Indonesia ke 5 ini bertepatan dengan momen Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2023 yang juga digelar di Kota Medan – Sumatera Utara.

Acara Kongres IWO Indonesia perdana ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars IWO Indonesia.

Dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban Ketua Umum IWO Indonesia periode 2018 – 2023 NR Icang Rahardian SH..

Saat menyampaikan pertanggung jawabannya, NR Icang Rahardian SH terus membakar semangat anggota IWO Indonesia dari berbagai daerah yang disambut semangat gegap gempita yel yel IWO Indonesia mewarnai Kongres Perdana dan Hari Ulang Tahun IWO Indonesia yang ke 5 tahun.

Ketua Umum NR. Icang Rahardian SH juga mengucapkan terimakasih kepada segenap utusan DPW dan DPD yang bisa hadir.

Pada momentum itu, Ketum IWO Indonesia juga sempat menceritakan awal deklarasi berdirinya IWO Indonesia di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2018 lalu.

Babah Icang, sapaan akrabnya begitu sangat dekatnya dengan seluruh anggota IWO Indonesia di seluruh Nusantara walaupun dirinya sebagai Ketum IWO Indonesia yang berkedudukan di pusat.

Terhadap seluruh anggota IWO-Indonesia, bahkan insan jurnalis di Nusantara ini, Icang mengungkapkan akan membela hak hak Jurnalis yang membutuhkan perlindungan. Dirinya juga akan memperhatikan kesejahteraaan jurnalis yang selama ini jauh dari kata layak padahal jurnalis merupakan pilar kekuatan bangsa yang berperan penting dalam mengawal kemajuan bangsa dan negara.

Kata Icang lagi, hadirnya IWO Indonesia sebagai peradaban baru, sebagai wadah perjuangan, wadah belajar, wadah mengadu dan wadah berlindung dengan tujuan membangun Peradaban baru bagi insan jurnalis di Indonesia.

” Dan hal ini sudah diterapkan di organisasi IWO Indonesia yang “Take Line Zero Payment (Nol Pembayaran) dan Motto Jurnalis Terpercaya sebagai komitmen wujud organisasi dengan satu tujuan kesejahteraan Jurnalis di Republik Indonesia” tutur Icang

Dirinya percaya bahwa IWO Indonesia akan menjadi besar karena tempatnya para Jurnalis berlindung ketika mengalami perkara hukum, serta IWO Indonesia akan menjadikan anggotanya sejahtera.

Selain itu, lanjut Icang, IWO Indonesia memberikan fasilitas kepada seluruh anggota IWO-I secara gratis semua Logistik keanggotaan, mulai fasilitas baju/kaos, bendera, ID Card, bahkan acara Kongres Akbar yang di gelar di Hotel Saka Medan Sumatra Utara, penginapan dan konsumsi peserta diberikan secara gratis terhadap peserta

Icang meneruskan, untuk diketahui bahwa Hari Pers Nasional yang di tetapkan setiap tanggal 9 Februari melalui Keputusan Presiden No 5 Tahun 1985 yang di tandatangani oleh Presiden Suharto. HPN di cetuskan di Sumatera Barat. Demikian juga IWO Indonesia di Deklarasikan di Padang Sumatera barat pada 2018, ada jarak 40 tahun lahirnya HPN dengan lahirnya IWO Indonesia.

Pria yang akrab disapa Babah Icang, yang saat ini merupakan Ketum IWO Indonesia yang sekaligus merupakan Pendiri IWO Indonesia ini juga mengisahkan bahwa Peringatan HPN yang di peringati setiap tanggal 9 Februari tidak terlepas dari peran tokoh Nasional Raden Mas Joko Trihadi Suryo pria kelahiran Blora 1880 sebagai pencetus HPN, yang juga di kenal sebagai Bapak Pers Indonesia dengan karya karya tulisnya sebagai Jurnalis 

Sedangkan Kongres IWO Indonesia di Medan yang bertepatan dengan Hari Pers Nasional, bagi IWO Indonesia merupakan momen penting tersendiri yaitu untuk menyongsong Verifikasi Dewan Pers’.

Secara tegas Icang mengatakan kalau ada organisasi pers yang menganggap verifikasi Dewan Pers tidak penting, itu artinya organisasi itu tidak memperdulikan nasib anggota – anggotanya.

“Jika ada yang bilang organisasi pers tidak harus ikut verifikasi Dewan Pers, itu sama saja organisasi itu tidak sayang dengan anggota nya. Ketika MOU dengan Kepolisian, Kejaksaan yang Tujuannya adalah bagaimana melindungi hak hak jurnalis untuk tidak di ganggu oleh para penguasa, para penjahat yang menginjak injak harkat dan martabat Jurnalis.” terang Icang.. 

Icang menambahkan Sepanjang 2020 dan 2021 DPP IWO Indonesia memfokuskan penanggulangan bencana Covid-19 yang di naungi Presiden Jokowidodo.

Selanjutnya pada tahun 2022 dan 2023 mulai fokus untuk pengembangan IWO Indonesia dengan membentuk dan melantik Pengurus Pimpinan serta anggota baik ditingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pumpinan Daerah (DPD) di seluruh Indonesia

Dalam rangka itu, terang Icang, DPP juga mempersiapkan baju seragam, I,d Card , dan bendera gratis untuk semua personil IWO Indonesia baik DPW maupun DPD. Juga mempersiapkan pelayanan internet gratis bagi masyarakat yang akan dikelolah oleh DPW serta DPW IWO Indonesia setempat.

” Kami juga menyiapkan baju gratis bagi seluruh anggota. Kami juga mempersiapkan internet bagi masyarakat yang akan di kelola oleh seluruh DPW dan DPD seluruh Indonesia. Kita juga sudah membangun 2 Tower BTS di Kota Prabumulih (Provinsi Sumatra Selatan,” tutup Icang

Untuk diketahui bahwa pada Kongres Perdana IWO Indonesia di Kota Medan pada 08 Februari 2023. Dari hasil kesepakatan bersama seluruh DPW dan DPD seluruh Indonesia sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan No. 001/kongres 1/KDP-IWOI//II/2023.
Keputusan Dewan Pendiri Ikatan Wartawan Online Indonesia dalam Kongres 1 di Kota Medan Provinsi Sumatra Utara menyatakan bahwa NR Icang Rahardian SH tetap memimpin IWO Indonesia untuk periode 2023 – 2028. (DPD IWO Indonesia Kabupaten PALI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *