Waduh, Hasil Pekerjaan Proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk-Belimbung Terkesan Tidak Beretika

Muara Enim//Linksumsel-Setelah berkali – kali diusulkan, akhirnya renovasi Stadion Serampu Sakti  Desa Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim terealisasi pada tahun anggaran 2023.

Tidak tanggung – tanggung melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Muara Enim, dana APBD Kabupaten Muara Enim tahun 2023 untuk merenovasi Stadion Serampu Sakti desa Teluk Lubuk tersebut hampir Rp900.000.000,-.

Sebelumnya, warga Desa Teluk Lubuk berharap setelah di renovasi akan menghasilkan stadion yang lebih Mega dan indah dari sebelumnya. Karena renovasi stadion Serampu Sakti ini sudah lama diusulkan oleh warga setempat.

Kenyataannya, setelah proyek renovasi Stadion Serampu Sakti  Desa Teluk Lubuk tersebut selesai hasilnya sangat mengecewakan warga setempat. Bukan keindahan dan kemegahan stadion yang didapat melainkan hasilnya tidak seindah dengan besarnya dana yang sudah dianggarkan bahkan terkesan sangat tidak memiliki etika dan lebih mengutamakan keuntungan yang didapat.

Hasilnya pekerjaan proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk tersebut bukan menimbulkan kebanggaan masyarakat Desa Teluk Lubuk melainkan menimbulkan kekecewaan masyarakat, bahkan justru menimbulkan rasa kecurigaan warga bahwa ada kejanggalan dalam pengerjaan proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk itu.

Hal ini disampaikan Adam Penoekal dari Aktivis LSM Pemantau Pelaksanaan Pembangunan Sumatera Selatan (P3SS) kepada media ini, Jum’at (10/01/2023).

” Jangankan warga setempat, kami sendiri yang langsung investigasi datang ke lokasi merasa sangat prihatin dengan hasil pekerjaan Proyek Rehab GOR Desa Teluk Lubuk itu,” ucap Adam.

Adam menuturkan, dari hasil pantauan langsung Tim Investigasi ke lokasi proyek yang berada di Desa Teluk Lubuk itu, mereka sempat geleng -geleng kepala, .

“Alangkah amburadulnya pekerjaan proyek renovasi Stadion Serampu Sakti tersebut,” kata Adam.

Baca juga:  Sambut HUT Bhayangkara Ke-77 Polsek Gunung Megang Gelar Baksos

Dijelaskan Adam, nampak setelah proyek renovasi stadion itu dinyatakan selesai, masih ada bagian tangga tribun Stadion Serampu Sakti yang tidak dipasang keramik, juga ada bagian kaki lima tribun yang dibiarkan saja tanpa tersentuh renovasi , sehingga keadaan stadion itu sangatlah tidak enak dipandang mata. Padahal dana APBD Kabupaten Muara Enim yang dianggarkan untuk renovasi stadion itu sangatlah besar.

Lanjut Adam, terkesan penganggaran proyek di Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Muara Enim paket proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk tahun 2023 itu sangatlah amburadul dan asal – asalan.

” Apa mungkin dengan dana hampir Rp900.000.000,- dalam RAB proyek tidak termasuk pekerjaan keramik tangga tribun dan pekerjaan kaki lima tribun. Nampak hasil pekerjaan tersebut terkesan sangat tidak beretika,” ucap Adam.

Mirisnya lagi, lanjut Adam, pekerjaan pagar keliling yang juga termasuk dalam anggaran renovasi tersebut tidak mencapai target penyelesaian. Ada sekitar beberapa meter pagar stadion tidak selesai sehingga akibatnya merepotkan warga sekitar untuk menjaga stadion jangan sampai dimasuki binatang kaki empat yang akan makan rumput di lapangan bola kaki stadion Serampu Sakti

” Sangat tidak masuk akal pengerjaan proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk tahun 2023, yang sudah dilaksanakan, namun tidak mencapai penyelesaian. Padahal anggaran untuk renovasi Stadion itu sangat besar,” ungkap Adam.

” Apakah mungkin Oknum Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Muara Enim atau konsultan yang yang terkait pada proyek ini ketika akan menganggarkan dua proyek ini, tidak survey dulu ke lokasi alias nembak dari atas kuda, sehingga saat pelaksanaan, RAB proyek yang akan dilaksanakan kontraktor, volumenya tidak mencapai target. Atau bisa jadi oknum kontraktornya yang nakal mengurangi volume pekerjaan,” tambah Adam.

Baca juga:  Rapat Pleno Hasil Pemilu di PPK Kecamatan Cinangka Sukses dan Lancar

Dijelaskan Adam, diketahui bahwa Proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim APBD tahun 2023 dikerjakan oleh CV Frengky dengan anggaran dana Rp.Rp887.889.000,-

Dalam hal ini, siapakah yang patut disalahkan ? oknum Dinas terkait, Oknum  Perencanaan dan konsultan ataukah kontraktor yang mengerjakan.

Terkait temuan ini, dirinya meminta kepada Pj Bupati Kabupaten Muara Enim Dr H Ahmad Rizali bisa melakukan sidak ke lokasi agar bisa mengetahui keadaan Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk setelah di renovasi.

Juga dalam masalah ini dirinya juga akan menyurati BPK, agar bisa mengaudit Proyek Renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk, karena ada dugaan kuat telah terjadi Mark up dan merugikan negara.

Sementara itu, Sutaryo anggota BPD dan juga sebagai pembina bola kaki desa anak Desa Teluk Lubuk saat diwawancarai media ini terkait proyek renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk Kecamatan Belimbing tahun 2023. Ia juga mengatakan hal yang sama.

Menurut dia, hasil pengerjaan proyek renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk itu sangatlah mengecewakan. Padahal, lanjut dia, renovasi Stadion ini sudah lama diusulkan. Namun setelah terealisasi walaupun sudah menelan dana sekitar besar tapi hasilnya bukan menimbulkan kepuasan dan kebanggaan melainkan sangatlah mengecewakan.

Diungkapkannya lagi, Pengerjaan renovasi Stadion Serampu Sakti  Desa Teluk Lubuk ini bukan cuma hasil pekerjaannya yang buruk, namun juga tidak mencapai target karena ada sekitar 30 meter pagar keliling Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk tidak selesai

Sehingga, kata dia, lapangan bola kaki masih sering di masuki binatang ternak kaki empat untuk memakan rumput dilapangan bola kaki. Maka itu, mereka selalu berjaga – jaga.

Baca juga:  Mencari Keadilan, Ketua Forum Kades Lahat Mendatangi Kantor Gubernur Sumsel

Selain itu, lanjut dia, pelaksana atau kontraktor proyek ini juga sudah meninggalkan limbah tanah yang menutupi rumput di lapangan bola kaki, sehingga banyak rumput lapangan bola kaki yang mati.

” Hasil pengerjaan renovasi Stadion Serampu Sakti Desa Teluk Lubuk ini, betul – betul sudah sangat mengecewakan kami,” tukasnya (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *