Bupati OI Harapkan SMKN 1 Intan Percontohan Bursa Kerja Khusus

Ogan Ilir//Linksumsel-Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar,SH sangat mengharapakan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Indralaya Selatan (Intan) sebagai sekolah Percontohan Bursa Kerja Khusus (BKK).

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Ogan Ilir (OI) berkolaborasi dengan SMKN 1 Intan menggelar Workshop Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Pusat Keunggulan Tahun 2024.

“Workshop Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang diikuti oleh seluruh guru sekolah ini merupakan langkah penting dalam persiapan siswa untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif dan dinamis”ujar Kepala SMKN 1 Intan Eddy Dharmasyah,S.Pd,M.Si kepada media ini Kamis (20/06/2024)

Kepala Disnakertrans OI Edi Demang Jaya Ia juga menjelaskan tentang pembentukan bursa kerja khusus Permenaker Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja. Bursa Kerja yang dimaksud tersebut, menjelaskan bahwa BKK dibentuk pada satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi dan lembaga pelatihan kerja.

” Pak Bupati mengharapkan SMKN 1 Intan menjadi sekokah Percontohan Bursa Kerja Khusus (BKK)Pembentukan BKK ditetapkan dengan keputusan kepala satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi, dan lembaga pelatihan kerja serta didaftarkan kepada Dinas Kabupaten/Kota setempat.”terangnya

Ia Workshop ini memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana BKK dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa.

Peran sekolah dalam penyelenggaraan BKK inj sangat penting untuk memberikan bimbingan pemilihan karir dan penyuluhan jabatan kepada siswa sebagai bekal kesiapan kerja dengan lebih efektif, efisien dan terdokumentasi,” imbuhnya.

Data kualifikasi dan potensi siswa, dan peserta latihan (calon pencari kerja) dapat diperoleh lebih lengkap dan akurat guna memudahkan penempatannya dan bisa menjembatani atau mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri.

Baca juga:  Lakukan Perpanjangan SIM, Danrem: Patuhi Aturan Lalu Lintas

BKK sebagai pelaksana penempatan tenaga kerja, dapat menyampaikan Informasi ketenagakerjaan, membangun kemitraan kerja BKK, merekrut calon tenaga kerja, menjalin hubungan dengan alumni dan melakukan evakuasi program kerja. (ASK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *