Jelang Pilkada Polres Muara Enim Gelar Simulasi Pengamanan

Muara Enim//Linksumsel-Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Polres Muara Enim Polda Sumsel telah mengadakan simulasi sistem pengamanan Markas Komando (Sispam Mako), dalam upaya untuk meningkatkan keamanan dan kesiapsiagaan personil, yang dilakukan di sekitar Mako Polres Muara Enim, Selasa (23/4/24).

Latihan tersebut dipimpin langsung Kapolres Muara AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi didampingi oleh Waka Polres Muara Enim Kompol Roy Arpian Tambunan, SP, SIK, bersama Kabag Ops Polres Muara Enim Kompol Toni Arman, SH, yang melibatkan seluruh personil, termasuk Para PJU (Pejabat Utama) dan anggota Polres Muara Enim dari berbagai bagian, satuan fungsi, dan staf.

Latihan simulasi Sispam Mako ini dimulai dengan personil menjalankan tugas-tugas rutin seperti biasa. Kemudian, dengan adanya suara alarm, seluruh personil mengikuti apel kesiapan di halaman apel Mapolres Polres Muara Enim, setelah menerima informasi dari Perwira Siaga tentang adanya massa yang akan bergeser dari Kantor KPU ke Mako Polres Muara Enim. Personil menerima arahan dari pimpinan dan melakukan langkah-langkah sesuai simulasi, termasuk memeriksa situasi dan kondisi di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan ploting / zona masing-masing.

Dalam latihan tersebut, para personil dilatih untuk melakukan berbagai prosedur pengamanan, mulai dari pemeriksaan tamu seperti membuat SKCK dan kendaraan, hingga penanganan serangan fisik.

Tujuan adalah untuk memberikan pedoman kepada personil dalam melaksanakan tugas pengamanan di Mako Polres Muara Enim. Personil diharapkan mengetahui tindakan yang harus dilakukan, di mana tempatnya, serta tanggung jawabnya terhadap situasi yang mungkin timbul. agar personil selalu siap dan mampu menjalankan tugas sesuai dengan tingkat ancaman yang ada.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi, menyampaikan latihan Sispam Mako ini penting untuk memberikan gambaran kepada seluruh anggota Polres Muara Enim tentang bagaimana menghadapi situasi yang berkaitan dengan keamanan Mako. Latihan ini juga bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan dan ketangkasan personil dalam menjalankan pengamanan Mako.

Baca juga:  Razia, Polsek Penukal Abab Amankan 3 Unit Kendaraan R2 Karena Tidak Dilengkapi Surat

Simulasi Sispam Mako ini merupakan upaya untuk mengantisipasi dan mencegah kerusakan atau serangan fisik terhadap Mako Polres Muara Enim yang mungkin dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya adalah agar seluruh personil memiliki persepsi yang seragam dalam melaksanakan tugas pengamanan Mako Polres Muara Enim, dengan pengawasan yang ketat antara pimpinan satuan dan anggota pelaksana di lapangan.(Jf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *