Sungai Gumai Meluap, Kondisi Sampah Mengganggu Aliran Air

Muara Enim//Linksumsel-Curah hujan saat ini tengah dalam puncak-puncaknya, keberadaan sungai tentunya menambah debit air semakin naik dan meluap hingga ke pemukiman warga yang berdekatan dengan sungai.

Kondisi ini terpantau disalah satu Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim beberapa hari ini, yang mana debit air dari Sungai didesa Gumai meningkat serta meluap hingga terjadi banjir.

Meski luapan banjir tidak terlalu parah, namun yang menjadi miris adanya luapan air diwilayah Desa Gumai tersebut, justru terdapat kondisi yang tidak mengenakan yaitu keberadaan tumpukan sampah yang berada di aliran kawasan sungai yang menjadi pemandangan cukup memprihatinkan.

Salah satu warga Desa Gumai Kecamatan Gelumbang IBR (55) bersama beberapa warga lainnya, mengungkapkan, bahwa debit air beberapa hari ini makin meningkat, karena kondisi hujan juga meningkat, dan beberapa hari ini Desa Gumai dalam situasi banjir, akibatnya aktipitas warga sedikit terganggu,”ungkapnya (31/01).

Lanjutnya,bahwa kondisi banjir tentunya sangat kita waspadai, namun yang menjadi keprihatinan kami, justru keberadaan tumpukan sampah dari berbagai jenis tersebut, bermuara menjadi satu dikawasan jembatan penyeberangan aliran sungai.

“Banjir terjadi pasang surut, namun yang menjadi prihatin kita, keberadaan sampah justru belum terdapat tindakan nyata dari Pemerintah setempat, padahal Jelas-jelas ini menggangu lancarnya aliran air, dan kondisi sampah ini semua sudah tahu dan hanya dibiarkan saja,”ungkap warga Gumai IBR (55).

Ditambahkannya, kondisi ini telah kita laporkan agar keberadaan sampah segera dibersihkan, namun faktanya kita lihat sendiri, bahwa luapan banjir juga membawa luapan sampah hingga sedemikian jadinya,”tambahnya ,pada media ini. (jf)

Baca juga:  Curi HP HDS Warga Desa Bruge Darat Diamankan Reskrim Polsek Talang Ubi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *