Bid Propam Polda Sumsel Lakukan Pemeriksaan Gaktikplin Kepada Personel Polres Muara Enim

Muara Enim//Linksumsel-Tim Bidang Propam Polda Sumsel bersama Propam Polres Muara Enim menggelar kegiatan Penegakan Ketertiban dan Pendisiplinan (Gaktibplin) terhadap personel Polres Muara Enim. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Mapolres Muara Enim ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, menjaga sikap tampang, serta memastikan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku, Kamis (13/6/24).

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pemeriksaan menyeluruh yang mencakup kelengkapan kendaraan, surat-surat, sikap tampang, kepatuhan terhadap pakaian dinas, dan aspek lainnya. untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban anggota Polri terus dilakukan melalui kegiatan Gaktibplin ini dan bagian dari komitmen Polri untuk menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas.

Dalam arahannya, Ketua tim Bidang Propam Polda AKP Hendri Agus, SH, MSi, MM menyampaikan pentingnya menjaga sikap tampang dan mematuhi aturan, larangan penggunaan media sosial terutama Tiktok yang dapat merusak citra Polri, dan anggota Polri dilarang memamerkan barang-barang mewah baik dalam interaksi sosial kedinasan maupun di area publik, serta mengunggah foto atau video yang menunjukkan gaya hidup hedonis dan akan ada sanksi tegas bagi yang melanggar aturan tersebut.

Setelah arahan, kegiatan Gaktibplin dilanjutkan dengan pemeriksaan menyeluruh oleh tim Bidang Propam Polda Sumsel dan Propam Polres Muara Enim. Pemeriksaan ini meliputi kelengkapan kendaraan bermotor, dokumen seperti KTP, SIM, STNK, dan KTA (Kartu Tanda Anggota). Tim juga memeriksa sikap tampang, kerapian seragam, kesesuaian pakaian dinas, senjata api (Senpi), serta melakukan pemeriksaan urine untuk memastikan tidak ada anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi, melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang, menjelaskan bahwa Gaktibplin ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan personel Polres Muara Enim, agar personel tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menciptakan citra positif di masyarakat, dan memberikan arahan serta teguran kepada mereka yang tidak sesuai ketentuan sebagai anggota Polri

Baca juga:  Kalapas Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kegiatan Gaktibplin ini sangat penting untuk memastikan bahwa personil Polri khusus Polres Muara Enim senantiasa menjaga kedisiplinan, integritas, dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. Ini bukan hanya untuk kepentingan institusi Polri, tetapi juga untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Polri sebagai pelayan dan pelindung masyarakat.(jf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *