Polsek Tanah Abang Lakukan Pulbaket di Kegiatan Tebar Benih Serta Penyerahan API

PALI//Linksumsel-Kapolsek Tanah Abang IPTU Arzuan, SH, bersama Unit Intelkam Polsek Tanah Abang melaksanakan giat Pengumpulan Bahan Keterangan (Pulbaket) terkait rencana pelaksanaan kegiatan Restocking (Tebar Benih) dan Penyerahan Alat Penangkap Ikan (API) Nelayan secara simbolis untuk tahun 2024. Pada Senin (10/06/2024).

Kegiatan ini didasarkan pada undangan nomor 523/522/PERIKANAN/2024 dari Sekretariat Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Acara yang direncanakan akan berlangsung pada Selasa, 11 Juni 2024, pukul 09.00 WIB hingga selesai, berlokasi di Sungai Batang Hari, Dusun I Desa Raja, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri oleh Bupati Kabupaten PALI, Dr. Ir. Heri Amalindo, MM beserta rombongan. Panitia pelaksana dari Dinas Perikanan Kabupaten PALI telah menyiapkan sejumlah bantuan penting bagi para nelayan, antara lain:

– Benih Bibit Ikan Siapil/Tembakang: Sebanyak 6.000 ekor
– Alat Penangkap Ikan:Bubuh, jaring, dan jala

Kapolsek Tanah Abang IPTU Arzuan SH Mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung para nelayan dalam pengembangan ternak ikan di wilayah Kecamatan Tanah Abang.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi nelayan serta menjaga kelestarian ekosistem perairan.

Meskipun kegiatan ini memiliki tujuan yang baik, terdapat beberapa potensi tantangan yang harus diantisipasi.

“Mengingat banyaknya kelompok nelayan tradisional di wilayah Kecamatan Tanah Abang dan geografis desa yang terletak di pinggiran Sungai Lematang, penyaluran bantuan ini mungkin tidak tepat sasaran,” ucapnya

Selain itu, mengingat tahun 2024 adalah tahun Pilkada serentak, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan politik.

IPTU Arzuan SH juga menyampaikan, Kerumunan masyarakat yang berkunjung dalam acara ini juga berpotensi memicu terjadinya tindak kriminal seperti pencurian, perampokan, dan penipuan (3C).

Baca juga:  Komplotan Pembuat SIM Palsu di Gelumbang Diringkus

“Pantauan di lokasi kegiatan menunjukkan bahwa persiapan untuk tempat parkir kendaraan masih kurang, yang berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas mengingat lokasi acara berada di pinggir jalan lintas/aspal,” ungkap Kapolsek Tanah Abang

Untuk memastikan kelancaran dan keamanan kegiatan ini, Polsek Tanah Abang akan melakukan pengamanan yang ketat dan melaporkan hasil kegiatan kepada pimpinan.

Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Abang juga akan memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada warga yang mengunjungi kegiatan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal 3C.

Kegiatan Pulbaket yang selesai dilaksanakan pada pukul 15.40 WIB berjalan dengan aman dan kondusif.

Diharapkan, pelaksanaan restocking dan penyerahan alat penangkap ikan ini dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat nyata bagi para nelayan di Kabupaten PALI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *