Puluhan Tahun Mengabdi di Birokrasi Pemerintahan, Ir H Mat Kasrun Kagum Pada Sosok Ini

Muara Enim//LinksumselSebagai pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mengabdi selama 31 tahun lama nya hingga saat ini, tentu nya bukan waktu yang singkat dan mudah bagi seseorang ASN dalam menitih puncak karier. Dimana, hal itu di ungkapkan langsung oleh kepala Bappeda kabupaten Muara Enim Ir. H. Mat Kasrun, M.Si kepada media ini. Jumat, (22/3/2024).

Ir. H. Mat Kasrun menceritakan, ia mengawali karier pertama di Birokrasi Pemerintahan pada tahun 1993 sebagai staf Dinas Perkebunan di Dinas Provinsi Sumsel. Kemudian, tahaf demi tahaf proses ia lalui hingga pada masa itu di era kepemimpinan (alm) Bupati Muara Enim H. Hasan Zen dia di pindah ke kampung halaman nya Kabupaten Muara Enim untuk dapat berkontribusi bersama sebagai putra daerah dalam membangun kampung halaman nya.

” Pada masa itu, pertama kali saya di tempatkan Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim sesuai bidang keahlian saya sebagai seorang Insinyur Pertanian dan Perkebunan yaitu mulai dari jabatan terendah (Eselon V.b) sebagai Kepala Sub Seksi Tata Penyuluhan sampai menjabat sebagai Kepala Sub Dinas (Kasubdin) (Eselon III.a) pada Dinas Perkebunan Kab. Muara Enim. kemudian tahaf demi tahaf beranjak beralih dihabiskan di tempatkan sebagai Kepala Bidang Data dan Penelitian Bappeda, Kemudian pada tahun 2007 sampai 2012 di percaya sebagai Sekretaris Bappeda kabupaten Muara Enim dimasa Kepemimpinan Bupati H. Kalamudin Djinab.

” Syukur Alhamdulillah pada tahun 2012 puncak nya saya di percaya untuk memimpin sebagai kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim, kurang labih selama 7 tahun sebagai Kadisbun, telah banyak kegiatan pembangunan strategis di bidabg perkebunan yg dia laksanakan, antara lain, pengembangan dan peremajaan tanaman karet rakyat dan pelaksanaan Replanting Tanaman Kelapa Sawit Rakyat melalui dana PSR (dana Pusat). Kemudian pada tahun 2019 disamping sebagai Kadisbun di tunjuk sebagai Plt. Kepala Bappeda, selanjutnya pd tahun 2020 defenitif sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di kantor ini ,” tutur nya Ir. H. Mat Kasrun M.SI

Baca juga:  DODO ARMAN HADIRI UNDANGAN POLDA SUMSEL, KLARIFIKASI LAPORAN DR AHMAD RIZALI MA

Ditanya media ini, selama berkarier di Birokrasi Pemerintah Kabupaten Muara Enim sosok pemimpin mana mengesankan ia kagumi, menurut Ir H Mat Kasrun M.si, semua nya mengesankan dan semua nya adalah seorang Leader Pemimpin yang baik.

Namun, kendati demikian, lanjut nya, sosok menurut nya pemimpin di Kabupaten Muara Enim yang memiliki nilai tersendiri mengesankan ia kagumi dan sekaligus figure sosok panutan bagi nya, yaitu di era kepemimpinan Bupati Alm H Kalamudin Djinab SH MH.

” Ya, beliau (alm), merupakan panutan bagi kami, karena beliau itu pada masa itu miliki jiwa seorang leader yang sangat tegas dan visioner setiap pemikiran nya dalam setiap gagasan nya itu luar biasa untuk memajukan Kabupaten Muara Enim ,” kenang nya Ir H Mat Kasrun.

Lebih jauh, Ir H Mat Kasrun mengenang, di era kepemimpinan Bupati Muara Enim (Alm) H Kalamudin Djinab, selain (alm) di kenal sebagai sosok pemimpin yang sangat tegas, tidak pandang bulu setiap mendidik bawahan nya apa bila salah.

Juga, beliau (Alm) H Kalamudin Djinab di kenal sosok yang tak segan-segan kerap selalu mendidik dan memberikan motivasi bagi setiap bawah nya agar dapat selalu maju serta kemudian, tak segan segan menghabiskan waktu nya hanya di lapangan di bandingkan di kantor, karena hampir setiap hari meninjau dan membaur bersama masyarakat melihat langsung mendengarkan keluhan di masyarakat.

” Saya adalah orang paling sering di nasehati oleh alm beliau, karena pada masa itu, bidang saya adalah menyangkut bidang penyusunanan dokumen perencanaan daerah sebagai Sekretaris Bappeda yg pada waktu itu Alm Ir. H. Hasanudin sebagai kepala Bappedanya dan baik Alm Hasanudin dan Alm H. Kalamudin Djinab orang nya sangat teliti dan jeli ,” kenangnya.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Cinangka Gelar Pisah Sambut Kapolsek

Ditanya media ini, adakah kedepan dalam menjelang memasuki masa pensiun saat ini untuk diri nya berkeinginan maju dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Muara Enim pada tahun 2024 ini.

Dengan mengingat banyak nya sosok figure bermunculan yang mendeklarasikan secara masif baik dari Birokrasi, Politisi maupun masyarakat umum siap maju dalam Pilkada Kabupaten Muara Enim tahun ini.

Ir. H. Mat Kasrun M.Si mengungkap kan, belum terpintas di benak nya dalam hal itu, karena selain mengukur dengan segala keterbatasan yg dimiliki nya dengan istilahnya mengukur baju di badan, juga, dirinya saat ini masih tercatat sebagai ASN dan selalu fokus menjalankan tupoksi nya sebagai kepala Bappeda Muara Enim dalam upaya melaksanakan penyusunan Dokumen2 Perencanaan Daerah seperti, penyusunan Ranwal RPJPD Kab. Muara Enim tahun 2025 – 2045, penyusunan Ranwal RPJMD Trknokratik dan termasuk menyiapkan RKPD Kab. Muara Enim tahun anggaran 2025.

” Namun, apa bila memang masyarakat yang menghendaki, Inshaa Allah, tentu nya saya siap untuk mengabdi kepada masyarakat. Dengan sedikit pengalaman ilmu selama 31 tahun berkecimpung di Birokrasi Pemerintahan ini, tentu nya itu Insya Allah akan menjadi modal bagi saya untuk dapat membangun Kabupaten Muara Enim lebih maju lagi ,” ungkap nya Ir. H. Mat Kasrun, M.Si penuh semangat.

Berikut adalah Profil singkat Kepala Bappeda kabupaten Muara Enim Ir H Mat Kasrun M.Si

1. Nama : Ir. H. Mat Kasrun, M.Si
2. Tempat tinggal lahir : Tanjung Agung-Liot 17 Maret 1965
3. Pekerjaan/Jabatan : ASN Kepala Bappeda Kab. Muara Enim
4. Agama : Islam
5. Jenis Kelamin : Laki-Laki
6. Alamat : Jl. SM Badarudin ll Nomor. 180 Muara Enim, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Pj Bupati MUBA Tinjau Proyek Pembangunan Jalan

7. Pendidikan Terakhir : Strata Dua (S2), pertama Fakultas Pertanian UNINUS Bandung tahun (1990) S1 dan kemudian kedua STISIPOL CANDRADIMUKA Palembang tahun 2013 pada (S2).

Kemudian, Ir. H. Mat Kasrun, M.SI tercatat memiliki Istri bernama Agustina Binti Matseri serta memiliki 3 orang anak yaitu :

1. Mifta Rizqon Nizar, SE pekerjaan ASN di Pemkab Muara Enim (status berkeluarga)

2. Briptu Riza Fadli Yayah anggota Polri Polres Empat Lawang (status berkeluarga)

3. Harly Yarfaullah Akbar (status Mahasiswa semester ahkir pada Fakultas Kedokteran UNJA di Jambi)

Dan kemudian lagi Ir. H. Mat Kasrun, M.Si juga tercatat, sebagai penerima (2) lencana Tanda Kehormatan yang di berikan secara langsung oleh Presiden RI yaitu pertama Satya Lancana Karyasatya X pada tahun 2010 dan yang kedua Satya Lancana Karyastya XX pada tahun 2015.

Kemudian terakhir, Ir. H. Mat Kasrun, M.SI juga tercatat sebagai penerima 15 Piagam sertifikat penghargaan Diklat telah di ikuti nya di berbagai Badan Kementerian Kelembagaan RI maupun dari Perguruan Tinggi. (Jf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *