Rapat Koordinasi FKUB Tahun 2024, Ini Yang di Sampaikan Waka Polres PALI

PALI//Linksumsel-Dalam upaya memperkuat kerukunan antar umat beragama menjelang Pilkada 2024, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten PALI menggelar rapat koordinasi yang diadakan di ruang rapat Kantor Kesbangpol Kabupaten PALI, Simpang Bandara Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, pada Rabu pagi 03 Juli 2024.

Acara ini mengusung tema, “Mari Mempererat Persatuan dan Menghargai Perbedaan Menuju PALI yang Harmonis dan Aman Menjelang Pilkada 2024.”

Rapat koordinasi FKUB 2024 ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Kepala Kesbangpol Kabupaten PALI Drs. Darmawai, M.Si, Wakapolres PALI Kompol Dedi Rahmad Hidayat, S.H, yang mewakili Kapolres AKBP Khairu Nasrudin S.I.K., M.H., Kasie Humas Polres PALI AKP Ardiansah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten PALI Dr. H. Deni Priansyah, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Inspektorat Kabupaten PALI Juwaria, S.E, Ketua Bawaslu Kabupaten PALI Lestiani, Am.Kep, serta para camat se-Kabupaten PALI.

Wakapolres Kompol Dedi Rahmad Hidayat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya rapat FKUB ini.

“Saya selaku mewakili Kapolres PALI sangat berterima kasih kepada segenap panitia kegiatan rapat FKUB ini atas undangannya dan sudah diberikan kesempatan untuk memberikan paparan materi,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya menghindari penyebaran berita hoaks yang dapat memicu permasalahan selama tahapan pemilu serentak.

Selain itu, kerjasama antara Bawaslu, KPU, TNI/POLRI, dan lembaga terkait lainnya harus ditingkatkan untuk memperkuat pengawasan sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

Penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran selama Pemilu serentak 2024 seperti kampanye hitam dan politik uang juga akan tetap diberlakukan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten PALI Lestiani, Am.Kep mengingatkan bahwa Pemilu dalam Pilkada serentak akan dilaksanakan pada Jumat, 29 November 2024.

Baca juga:  Polres Muara Enim Ungkap Jaringan Pengedar Narkoba jenis Sabu dan Ganja

“Mari kita sukseskan kegiatan tersebut dengan bersama-sama sehingga dapat berjalan aman,” katanya.

Ia juga menyoroti pengalaman Pemilu 2021 di Kabupaten PALI yang sempat berada di zona merah akibat kericuhan yang memicu Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Namun, saat ini Kabupaten PALI telah kembali ke zona hijau, menunjukkan peningkatan situasi keamanan.

Lestiani menegaskan peran penting Bawaslu dalam memastikan pemilihan kepala daerah 2024 berjalan dengan adil, transparan, dan partisipatif.

Bawaslu akan mengawasi seluruh tahapan proses pemilihan dengan melibatkan partisipasi masyarakat untuk memperkuat pengawasan terhadap berbagai potensi pelanggaran di setiap tahapan.

Rapat FKUB ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman guna memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini, kerukunan antar umat beragama di Kabupaten PALI semakin erat, mendukung terciptanya suasana yang harmonis dan aman menjelang Pilkada 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *