Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024

Pagaralam//Linksumsel-Pj Wali Kota Pagar Alam H. Lusapta Yudha Kurnia ikuti rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024 dan Percepatan penanggulangan Tuberculosis (TBC), yang bertempat di Ruang Rapat Besemah Tige, Setdako Pagar Alam, Senin pagi (10/06/2024).

Disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian, saat ini perkembangan Inflasi nasional bulan Mei 2024, Indonesia terletak pada angka 2,84%, dan angka tersebut sudah cukup baik dan membuat Indonesia berada di peringkat 73 dari 186 negara di dunia.

Dalam rakor ini juga membahas mengenai perkembangan penyakit TBC, dimana disampaikan perkembangan penyakit TBC di Indonesia menempati posisi ke-2 (dua) dengan kasus tertinggi setelah India.

Penderita TBC ini didominasi oleh usia produktif (15-54 tahun) dengan jumlah kematianencapai 134.000 perbulan, sehingga memiliki potensi menjadi bahaya laten bagi generasi penerus Bangsa Indonesia, yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk Visi Indonesia Emas di tahun 2045, serta berdampak masif pada penurunan kualitas kesehatan, namun juga dampak psikososial akibat kehilangan pekerjaan dan stigma negatif masyarakat.

Hal tersebut membuat Indonesia berupaya untuk menanggulangi kasus TBC di Indonesia, dengan penguatan kolaborasi percepatan penanggulangan TBC di Pusat dan Daerah.

Sementara, Pj Wali Kota Pagar Alam dalam arahannya, untuk mengantisipasi inflasi lonjakkan harga dalam menghadapi Idul Adha dalam waltu dekat di kota Pagar Alam, pemerintah kota (Pemkot) akan kembali gelar Operasi Pasar Murah (OPM) yang akan diselenggaralan di Lapangan Terminal, Alun-alun Selatan, kota Pagar Alam.

Dan untuk penanggulangan kasus TBC di Kota Pagar Alam, Pj Wali Kota Pagar Alam mengarahkan Dinas kesehatan, berkolaborasi dengan Dinas Sosial, Dinas Kepundudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana untuk menekankan himbauan hidup sehat kepada masyarakat kota Pagar Alam. (Jo15/YC4FWX)

Baca juga:  Mahasiswa Prodi Agribisnis FP-UMP Adakan Praktek Lapangan Ke Kampung Aer Pulau Kemaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *