Sekda Muara Enim: Mari Kita Jadikan Peringatan Hari Kartini Momentum Bangkitkan Semangat Kesetaraan dan Keadilan Gender

Muara Enim//Linksumsel-Peringatan hari kartini menjadi momentum membangkitkan kembali semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai inspirasi dan motivasi bagi semua tidak terkecuali kaum pria dalam menjunjung tinggi azas kesetaraan dan hak untuk berkarya dan berdaya bagi keduanya di berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, baik sosial, pendidikan, ekonomi, pemerintahan maupun politik.

Keterangan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah, Ir. Yulius, M.Si., saat mewakili Bupati Muara Enim dalam peringatan Hari Kartini ke-145 tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2024, Sabtu (04/05) bertempat di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS).

Pada peringatan yang dihadiri langsung oleh Pj. Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Anggar P Widyaningtyas, S.Sos., M.Si., ini juga dirangkaikan dengan acara Festival Gunjing dan Peluncuran Batik Gunjing karya Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Dr. dr. Hj. Rose Mafiana, Sp.An., yang terinspirasi dari bentuk makanan khas salah satu daerah asal Kabupaten Muara Enim yaitu Semende.

Selain itu, perayaan ini juga bertujuan untuk mengangkat potensi unggulan daerah, salah satunya melalui karya seni sebagai warisan kearifan lokal yang patut untuk terus dilestarikan.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan kesetaraan dan keadilan gender merupakan salah satu fokus utama dan tujuan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

Dirinya menambahkan, berbagai program kegiatan yang responsif gender telah dilakukan oleh masing-masing perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya salah satu diantaranya yaitu program kegiatan yang spesifik gender dalam menurunkan angka kematian ibu, meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, meningkatkan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan pengasuhan tumbuh-kembang anak, serta penurunan tindak kekerasan terhadap perempuan. (Jf)

Baca juga:  Korban Banjir di Dua Desa Wilayah Gelumbang Terima Bantuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *